PENDAHULUAN
Bermula dari
sebuah media online yang berisikan tentang informasi lengkap dan komprehensif
tentang dunia usaha kuliner, jaringan restauran kulinerkuliner.com menjadi
sebuah pusat informasi pengembangan usaha kecil mulai dari warung kaki lima hingga resto
berkelas bintang. Dimulai dengan 3 orang wartawan senior dari beberapa jenis
media, mulai dari internet, televisi dan cetak, mereka memulai peliputan segala
usaha tentang dunia kuliner.
Tidak lebih
dari 2 tahun, informasi yang terkumpul dimulai dari survey lapangan dan
pengumpulan data secara online dan kepustakaan, maka kini media
kulinerkuliner.com berkembang menjadi salah satu pemain media non-mainstream
yang menduduki peringkat lumayan di mesin pencari terkenal sekelas google.com
dan yahoo.com.
Keragaman data
dan kelengkapan data interview langsung ataupun hasil pengumpulan dari berbagai
sumber ini membuat kulinerkuliner.com menjadi database tidak resmi beberapa
media televisi dan radio untuk mencari informasi lengkap usaha kuliner secara
online.
Kini sudah ada
sedikitnya 500 restoran di wilayah Jabodetabek dan beberapa di kawasan Jawa
Barat, dimana tidak kurang dari 100-an restoran dari berbagai jenis telah
diliput oleh banyak televisi swasta dan media cetak seperti tabloid dan harian
bisnis khusus liputan kuliner.
Di saat
bersamaan, ternyata para penulis dan kontributor kulinerkuliner.com pun
kebanjiran panggilan via telepon bahkan undangan beberapa seminar serta
workshop untuk pengembangan usaha kuliner, yang kemudian mendorong awaknya
untuk menjadi konsultan. Secara prinsip, mengamati orang lain buka usaha
ssangat berbeda jauh dengan jika kita menjalankan usaha sendiri. Belajar dari
kesuksesan beberapa pengusaha yang sudah “terlanjur” besar dimana mereka memang
menjadi narasumber tulisan kami sebagai sumber inspirasi di kulinerkuliner.com
membuat kami sebagai wartawan mau tidak mau tergiur untuk buka usaha sendiri
dan mewariskannya kepada kerabat serta keluarga kami.
Alhamdulillah
tak sedikit kolega dan keluarga kami berhasil membuka usaha warung makan dan
restoran kecil yang langsung kami promosikan secara online di jaringan website
online kami lainnya, seperti http://bukankelanakuliner.com,
http://kelanakuliner.com dan tentunya
website resi kami http://kulinerkuliner.com.
Setelah
berhasil menjalankan promosi usaha dengan melibatkan keluarga serta kolega
ternyata membuahkan berkah berupa ramainya pengusaha-pengusaha serupa yang
ingin dipublikasikan secara online, karena mereka sadar betul bahwa promosi via
internet jauh lebih efektif dikenal masyarakat luas dan sangat dicari awak
media televisi maupun radio.
Secara resmi
kami pun meningkatkan pengembangan usaha dari penyedia jasa informasi
komprehensif usaha kuliner menjadi penyedia jasa konsultan usaha kuliner, dan
hal ini pun menarik beberapa media besar seperti kompas.com serta media cetak
seperti peluang usaha dan info waralaba untuk mewawancarai profesi baru kai
sebagai konsultan usaha kuliner.
Semakin hari
meski baru berjalan lebih dari 4 tahun, jaringan restaurant kulinerkuliner.com
semakin sering mendapat panggilan telepon untuk pengembangan usaha resto
melalui nternet, dan sebaliknya semakin banyak pula para investor pemula yang
menghubungi kami untuk bisa membuka usaha waralaba atau peluang usaha bermerk
terkenal seperti Pecel Lele Lela, Gule Kepala Ikan Mas Agus, Obonk Steak,
Batagor Ihsan, Bebek Kaleyo, Bebek Mercon, Bebek Kwak Kwek, Coklat Mentari,
Bakso Malang Cak Tio dan lain sebagainya yang tidak kurang dari 50 nama resto
terkenal di Jabodetabek.
MENGAPA BISNIS INI
LAYAK DIJALANKAN ?
1. Merupakan pengembangan inovasi baru dalam
bisnis makanan yang mempunyai bahan baku tanpa batas yang bisa disesuaikan
dengan sumber daya lokal di wilayah investor, dengan mengadaptasi keunikan dan
kekhasan pemilik merk usaha yang dijadikan mitra usaha pusat.
2. Dukungan survey konsultan ke lokasi untuk
mencari bahan baku yang relatif jauh lebih terjangkau dibandingkan jika bahan
baku didatangkan oleh manajemen pusat.
3. Pertimbangan komprehensif dan negosiasi
antara investor dan konsultan pengembangan usaha jaringan resto
kulinerkuliner.com untuk menerapkan konsep strategi penetrasi pasar di antara kompetitor
langsung maupun tak langsung.
4. Pangsa pasar kuliner yang terus berkembang
di setiap kota/kabupaten berkembang.
5. Beragamnya info jaringan usaha kuliner
yang mempunyai karakter usaha yang bukan jesnis bisnis musiman.
6. Jangkauan kemampuan modal investasi yang
disesuaikan dengan jenis usaha baik branded (merk usaha terkenal dan besar)
maupun pengembangan brand usaha kuliner baru dengan pengalaman manajemen
marketing berpengalaman.
7. Proyeksi balik modal relatif cepat antara 12 bulan hingga 24
bulan.
8. Kategori produk mulai dari jenis cepat
saji, lezat, bergizi dengan harga terjangkau hingga sajian ala resto hotel
berbintang dengan tenaga ahli kuliner berpengalaman yang bisa dinegosiasikan.
9. Sistem manajemen profesional dengan
kontrol yang mudah diaplikasikan dengan masa pendampingan mulai dari 3 bulan
hingga 12 bulan, atau disesuaikan dengan nilai investasi dan waktu
pengoperasian serta target pengembalian investasi.
SYARAT MENJADI MITRA KERJA (INVESTOR)
1.
Memiliki
dana yang cukup untuk berinvestasi dalam bisnis ini.
2.
Memahami
keuntungan & resiko dari usaha ini.
3.
Menyukai
bisnis makanan & minuman.
4.
Bersedia
untuk BERPERAN AKTIF dalam mengoperasikan bisnis ini yang bisa ditentukan
secara bersama masanya.
5.
Bersedia
untuk bekerja keras merintis usaha ini.
6.
Berkomitmen
untuk mematuhi sistem kerjasama & standarisasi kerja yang telah dibuat oleh manajemen jaringan
resto kulinerkuliner.com
7.
Menyetujui
untuk membayar Fee Kemitraan yang
nilainya tergantung dari besarnya nilai investasi dan tingkat pengembalian
modal serta tingkat kesulitan operasi usaha selama masa perjanjian berlangsung.
8.
Menyetujui
untuk membayar Fee Konsultan sebesar minimal Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta
rupiah) hingga maksimal 20% (dua puluh persen) dari nilai investasi total.
TANGGUNG JAWAB JARINGAN RESTO
kulinerkuliner.com
1. Menyediakan segala prosedur, menjalankan
operasi & membimbing usaha ini secara komprehensif dari mulai perencanaan
awal sampai dengan pembukaannya
2. Mengontrol operasional & memberikan
dukungan usaha ini agar sesuai dengan Rencana Anggaran Pendapatan & Belanja
(RAPB) yang sudah disepakati.
3. Memberikan Panduan & Standart Operation
Prosedure (SOP) serta Job Description untuk seluruh divisi operasional.
4. Menyediakan & mensupplay stok bahan baku utama &
bahan lainnya.
5. Membantu membelikan/ menyediakan
kelengkapan usaha ini baik untuk investasi awal maupun tambahan bila
diperlukan.
6. Menyediakan koki & memberikan
pelatihan/ trainning karyawan secara berkala.
7. Bertanggung jawab dalam DIVISI
PRODUKSI & membantu
memberikan masukan untuk promosi & marketing.
8. Melakukan promosi nasional bersama atas
biaya dari seluruh cabang.
9. Membantu menentukan menu & harga jual
ke konsumen berdasarkan lokasi areanya.
PERAN AKTIF MITRA KERJA
1. Mengajukan & menentukan lokasi.
2. Melaksanakan operasional usaha ini secara profesional
dengan standarisasi RAPB yang sudah
disepakati.
3. Melaksanakan usaha ini sesuai dengan
Panduan & Standarisasi Operasional
Prosedure (SOP) yang telah dibuat oleh Manajemen.
4. Bertanggung jawab dalam DIVISI
MARKETING & PROMOSI termasuk
didalamnya adalah pencapaian target omzet dengan melakukan promosi & marketing secara kreatif, efektif,
efisien secara terus menerus.
5. Mengikuti program promosi bersama bersama
dari pusat dengan biaya dari seluruh cabang.
6. Berkewajiban membeli bahan baku utama
& bahan lain dari manajemen.
7. Membeli bahan penunjang/ bahan basah di sekitar
area lokasi.
8. Bertanggung jawab menyediakan dana untuk
investasi usaha ini termasuk biaya sewa, biaya operasional, pemeliharaan &
faktor pendukung yang lain.
9. Mengurus perijinan usaha ini sesuai dengan
aturan yang berlaku di areanya.
INFORMASI KEMITRAAN
Jl. Teuku Umar Kav 16-17 Pasar
Induk Cibitung, Bekasi
Telp.: (021)93461965
HP.: 081385386583
HP.: 087878821248
Kontak:
Nur Sidik Kelana Rizal – e-mail= dik_rizal@yahoo.com
Pin BB : 288ED7F9
Twitter : @dikrizal
Lilik Sumarlin – e-mail= bungalilysidik@yahoo.com
Pin BB :
Twitter : @bungalilysidik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar